Jajak Pendapat
Apakah imformasi yang disajikan di dalam website Kelurahan Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan dapat bermanfaat bagi anda
Profil

Tugas Pokok dan Fungsi



BERDASARKAN PERATURAN WALIKOTA DENPASAR

NOMOR 47 TAHUN 2014

TENTANG URAIAN TUGAS JABATAN PADA ORGANISASI KECAMATAN DAN KELURAHAN KOTA DENPASAR

 

Pasal 10

 

(1) Lurah mempunyai tugas :

  1. Menetapkan program kerja Kelurahan berdasarkan tugas pokok dan kewenangannya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Kelurahan;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Kelurahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memerikasa hasil kerja bawahan di lingkungan Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Melaksanakan penyelenggaraan tugas-tugas Umum Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan berdasarkan kewenangan yang dilimpahkan oleh Walikota dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik;
  6. Melakukan koordinasi terhadap penyelenggaraan tugas-tugas Umum Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan di wilayah Kelurahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban, pembangunan, pelayanan masyarakat sesuai tugas pokok yang diberikan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Mengevaluasi pelaksanaan di lingkungan Kelurahan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimas mendatang;
  9. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2) Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Camat.

 

Pasal 11

 

(1) Sekretariat Kelurahan mempunyai tugas :

  1. Merencanakan kegiatan Sekretariat Kelurahan berdasarkan program kerja Kelurahan dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sekretariat Kelurahan;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sekretariat Kelurahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sekretariat Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengkoordinasikan dan melaksanakan penyusunan program kerja Kelurahan berdasarkan rencana strategis Kelurahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  6. Menyelenggarakan urusan Administrasi Keuangan, Kepegawaian, Rumah Tangga, Perlengkapan, Kearsipan serta Ketatausahaan berdasarkan tugas pokok yang diberikan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Melaksanakan pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administrastif kepada seluruh perangkat Kelurahan sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka efektifitas kinerja Kelurahan;
  8. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sekretariat Kelurahan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;
  9. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Sekretariat Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan Rencana yang akan datang; dan
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)  Sekretariat Kelurahan dipimpin oleh seorang Sekretaris Kelurahan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kelurahan.

 

Pasal 12

 

(1) Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas :

 

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban berdasarkan program kerja Kelurahan dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data Bidang Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban, Perlindungan Masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Mengumpulkan bahan dalam rangka pembinaan wilayah dan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran dalam pelaksanaan tugas;
  7. Membantu tugas-tugas di Bidang Pertanahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Membantu pelaksanaan pengawasan Pemilihan Umum sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  9. Membantu pelaksanaan pengawasan penyaluran bantuan kepada masyarakat serta melakukan kegiatan pengamanan akibat bencana alam dan bencana lainnya sesuai tugas pokok yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. Membantu kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan stabilitas kemasyarakatan sesuai tugas pokok yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;
  12. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban sesuai dengan prosedur dan peraturan yang beraku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2) Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas:

 

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat berdasarkan program kerja Kelurahan dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data di Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat sesuai tugas pokok yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Melakukan kegiatan pembinaan Perkoperasian, Pengusaha Kecil dan Menengah serta kegiatan Perekonomian lainnya sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan kehidupan perekonomian masyarakat;
  7. Melakukan kegiatan peningkatan swadaya dan partisipasi masyarakat sesuai tugas pokok yang diberikan dalam meningkatkan Perekonomian dan pelaksanaan Pembangunan;
  8. Membantu pelaksanaan koordinasi di Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan serta menjaga dan memlihara Prasarana dan Sarana Fisik di lingkungan Kelurahan sesuai tugas pokok yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  9. Membantu dan menyiapkan bahan-bahan pembinaan Lembaga Kemasyarakatan sesuai tugas pokok yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;
  11. Menyusunan laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(3) Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas:

 

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Kesejahteraan Rakyat berdasarkan program kerja Kelurahan dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Kesejahteraan Rakyat;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Membantu pelaksanaan program kegiatan/koordinasi, Pelayanan dan Bantuan Sosial, Pembinaan Kepemudaan, Pelayanan dan Bantuan Sosial, Pembinaan Kepemudaan, Pemberdayaan Perempuan dan Olah Raga, Kehidupan Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan serta Kesehatan Masyarakat sesuai tugas pokok yang diberikan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Membantu menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan Pelayanan dan Bantuan Sosial, Kepemudaan, Pemberdayaan Perempuan dan Olah Raga, Kehidupan Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalahnya sesuai tugas pokok yang diberikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pemecahan masalah;
  7. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Kesejahteraan Rakyat dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;
  8. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

(4) Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas:

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pelayanan Umum berdasarkan program kerja Kelurahan dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pelayanan Umum;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pelayanan Umum sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pelayanan Umum sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Melakukan pembinaan kependudukan dan kebersihan sesuai tugas pokok yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan pelayanan umum dan perijinan kepada masyarakat sesuai standar operasional prosedur dalam rangka pemenuhan layanan prima bagi masyarakat;
  7. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pelayanan Umum dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;
  8. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pelayanan Umum sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(5) Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kelurahan


Foto
Rapat Pleno penghitungan suara pemilu capres dan cawapres
Video
Tradisi Omed-omedan
Facebook
Twitter